Minggu, Maret 04, 2012

How To Record The Song

Hello boyd ! Postingan Fruity Loops gw skip dulu karena mobo komputer gw yang canggih lagi rusak. Sebelumnya gw udah bikin postingan tentang Little Sound DJ. Gimana menurut lu ? Susah kah ? atau kurang lengkap ? Tapi gw yakin lu semua pasti bisa dan paham cara penggunaan LSDJ. Tapi apa ada yang udah tau cara record lagu yang udah dibuat di LSDJ tadi biar jadi mp3 ? Bagi yang udah bisa gw ucapin congratulation dan silahkan share juga cara kalian ngerecord lagu dari emulator dengan cara kalian masing² disini. Bagi yang belum tau caranya jangan ubanan dulu, sekarang gw akan kasih tau caranya ngerecord lagu dari emulator menuju mp3, tentunya dengan cara gw yah, ga suka ? masalah buat loah ? :D Chk Diz Out !

Ada banyak cara maupun software nya kalo untuk record, beberapa diantaranya adalah Fruity Loops, Audacity, Jet Audio,atau dari emulatornya langsung. Satu persatu akan gw bahas tentang cara record nya disini.



How to record from VBA Emulator
Oke. Tutorial pertama yaitu record from Emulator. Disini gw pake Visual Boy Advance karena emulator yang bisa ngerecord setau gw cuma VBA. Lo makan nih !

1. Pertama buka VBA nya lalu Load song yang kalian ingin record.
2. Kalo udah pilih menu TOOLS, lalu pilih RECORD -> Star Sound Recording
3. Kemudian pilih tempat penyimpanannya dan beri nama.
4. Nah kalo udah, langsung play aja lagu lu tuh karena secara otomatis emulator akan merecord suara dari Rom LSDJ.
5. Kalo udah kelar lagunya pilih menu TOOLS, lalu pilih RECORD -> Stop Sound Recording. Ga perlu terburu2 buat nyetopnya,sisain beberapa Chain di SONG buat kelebihannya. Lebihnya nanti bisa disunat alias dipotong.
6. Jika udah, maka hasil nya bisa dilihat di tempat penyimpanan yang tadi kalian tentukan dengan format file WAV.

How to record from Jet Audio
Nah sekarang gw akan kasih tau cara record dari Jet Audio. Sedikit info bahwa lagu² sampah gw yang ada di soundcloud itu semuanya hasil record menggunakan Jet Audio. Langsung aja.

1. Seperti biasa, buka emulator lalu Load lagunya. (applies to all emulator)
2. Lalu buka Jet Audio nya. Maka akan muncul tampilan seperti ini nih :



3. Nah di menu kan ada banyak Tools nya tuh, pilih RECORD. Maka akan nongol tampilan lagi :
   















4. Tampilan Jet Audio nya di minimize aja, jangan di close.
5. Nah kalo udah begini tinggal record nya. Pertama pilih Source ke STEREO MIX, di Options check list kotak ENABLE TIMER (ini cara gw okeh). Lalu masukin tittle lagu nya di FILE NAMING, penyimpanan di FOLDER, dan format file di ENCODER, atur sesuai selera lu pada.
6. Sebelum dimulai, atur volume dari komputer lu lu pada ke 100%. Kemudian turunin volume di Recording ini ke garis nomer 5 dari atas.
7. Oke sekarang terlebih dahulu klik tombol START di Recording barulah kemudian Start lagunya di emulator.
8. Jika sudah selesai lagunya maka klik tombol STOP pada Recording, baru kemudian Stop di emulator. Ingat! Recording dulu baru emulator.
9. Finish !

How to record from BGB Emulator

Hello boyd ! Mau update blog gw dulu nih. Kebetulan gw baru dapet jurus baru nih :D yang selama ini gw gak tau dan baru tau kemaren sore, yaitu nge-record lagu dari BGB Emulator. Gak beda jauh sama VBA sih caranya, bedanya kalo di VBA kan ada menu Tools nya, nah kalo BGB lewat Options. Langsung aja deh ya Chk Diz Out !

1. Pertama buka BGB nya lalu Load song yang kalian ingin record.
2. Klik kanan di emulator nya trus pilih Options kalo gak pencet aja F11.

















3. Muncul window tuh kan terus banyak menunya Joypad, GB Colors, Misc,dll.




















4. Nah pilih deh tuh menu Sound terus ceklist di kotak "8 bits output (for compatibility)" sama "WAV file writer" abis itu ganti nama file nya sesuai selera.


















5. Kalo udah klik OK. Kemudian play deh tuh lagu nya sampe kelar.
6. Kalo udah kelar lari lagi ke Options > Sound > trus ilangin ceklist di "WAV file writer" and then click "OK" button and finish.
7. File hasil record secara otomatis tersimpan difolder dimana BGB Emulator kalian berada.

To be continue . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar